TL

ya, ini sabtu dan saya dikantor hehehhehe (bakar kalender)

jadi iseng pengen nulis pengalaman nih di dunia per -TL an (tour Leader) semoga bener nulisnya.

Guide, Tour leader atau orang lebih sering menyebut TL adalah profesi yang sampai saat ini cukup menjanjikan.ini bisa terlihat dari animo masyarakat yang sakau kalo denger kata piknik.

suatu pagi di penajakan 3 bromo
suatu pagi di penajakan 3 bromo

piknik/ berwisata/ traveling tidak haya di monopoli oleh kalangan jomblo saja, namun anak anak sampai dengan orang tua pun ingin jalan jalan, cuman settinganya saja yang beda.

kalo jomblo yang mau ngirit sih biasanya pergi entah kemana dengan sistem backpaker kalo bahasa saya sih sitem ngirit. bukan karena gak ada uang tapi berhemat saja sih dalam artian yang bisa di buat ngirit kenapa harus di buat foya- foya. tempat menginap misalnya, kalo cuman hanya untuk numpang tidur beberapa hari kenapa harus hotel yang mahal?. toh masih ada hostel murah, sisa uangnya kan bisa nih di pake buat jalan ketempat laen.

nah beda lagi kalo yang piknik rombongan gede entah itu anak sekolah yang mau study tour, atau karyawan pabrik yang pengen jenk jenk, atau pula serombongan ibu ibu PKK yang sengaja menabung selama setahun dan di akhir tahun bongkar tabungan dan pengen piknik.

pelancong di jogja
pelancong di jogja

mereka mereka ini biasanya pergi dalam rombongan besar kisaran minimal ya 23 orang lah ya, dan biasanya akan mengontak biro perjalanan untuk mengurus semua akomodasi selama di perjalanan. karena mereka ndak kepingin ribet di jalan, mereka cuman pengen bersenang senang, ndak mau tuh di ributin soal remeh temeh.

disinilah peran TL itu sebenarnya, TL harus mampu menjadi pemimpin perjalanan yang baik, TL harus mampu mengendalikan peserta dan crew bus yang dibawanya. namun TL juga tidak boleh semena mena karena bagaimanapun Konsumen adalah raja,

pantai depok jogjakarta
pantai depok jogjakarta

TL yang handal harus lah mampu mengambil keputusan yang tepat disaat yang genting, TL harus berani mengambil resiko yang mungkin saja terjadi demi kenyamanan rombongan yang di bawanya. TL pun harus menguasai Medan Perjalanan. karena kadang rencana perjalanan itu tidak belaku kalau di lapangan. ketajaman insting dan ketepatan menganalisa inilah yang menjadi senjata utama seorang Tour leader

TL. tidak boleh ikutan panik kalo terjadi sesuatu, TL. harus bisa ngayem anyemi Rombongan

ya, TL itu piknik di bayar, tetapi gimana bisa ngarasake piknik wong setiap sampai di satu lokasi kita sudah harus berfikir tentang lokasi yang lain.

pura - bali
pura – bali

salam

28/09/2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s