MAKAM SUNAN BONANG

Daerah ini berada tepat di jalur pantura jawa tengah letaknya berada di desa bonang diantara lasem dan rembang. suasana cukup terik siang itu, karena tepat ba’da Dhuhur kami sampai di lokasi, tetapi bukan lokasi pasudjudan atau makam putri campa yang kami tuju, melainkan lebih kedalam lagi, yaitu makam sunan bonang, yang berada di samping desa.

setelah berjalan kurang lebih 500 meter kami menemukan bangunan pendopo yang berada di dalam lingkup pagar setinggi kira kira 2 meter. di luar makam ada sumur tua yang adalah peninggalan dari sang sunan dan sampai sekarang masih di pakai dan di manfaatkan oleh warga sekitar.

lokasi makam tersekat menjadi 3 bagian yaitu yang pertama bagian luar tempat dua pendopo dan beberapa makam sesepuh desa, yang kedua terdapat pendopo kecil tempat para peziarah biasa menunggu antrean, dan pintu menuju makam sunan bonang.

bagian ketiga adalah inti dari lokasi tersebut yaitu makam sang wali yaitu sunan bonang. berbeda dengan makam para wali pada umumnya dimana makam wali di buatkan cungkup khusus dan diberikan klambu sebagai penghias makam. namun di makam sunan bonang ini tidak ada cungkup yang indah, dan tidak ada nisan bagus, hanya ada serimbunan pohon melati dan pagar besi di sekelilingnya sebagai penanda makam beliau.

Bapak abdul wakhid sang juru kunci bertutur panjang lebar tantang hal ini, dimana pernah dulu dari pihak warga berswadaya untuk membangun cungkup bagi makam sang sunan, namun di tengah jalan sebelum jadi, cungkup itu roboh tanpa ada sebab. sehingga sampai sekarang makam tersebut tidak lagi diberi cungkup.

banyak pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari riwayat sunan bonang, dari cerita turun temurun tentang adab dan prilaku sang sunan hingga kini dimana beliau telah beratus tahun meninggal.

ada beberapa versi lokasi makam sunan bonang, yaitu di madura dan di tuban, masing masing mengklaim merekalah yang asli namun biarkan ini menjadi rahasia Allah SWT, sebagai penanda kebesaraNya.

sesuai dengan cerita juru kunci, sunan Bonang adalah putra dari Sunan Ampel yang makam nya ada di Ampel Denta, surabaya. Sunan Bonang Adalah Putra Yag di tugaskan olah Sunan Ampel Untuk menyebarkan Agama Islam Di daerah Pantura Tuban hingga ke rembang.

salam

01/10/2012

2 pemikiran pada “MAKAM SUNAN BONANG

    1. cerita sang juru kunci, kalo yang di depan yang di pasujudan itu memang petilasan yaitu batu yang ada telapak kaki sunan bonang, tapi kalo yang lebih ke dalam lagi itu makam asli beliau begitu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s