MENIKMATI PAGI DI TEBU IRENG

Beberapa hari kemaren sempat nganter rombongan untuk berwisata religi dengan tujuan pertama adalah makam presiden ke empat kita yaitu KH. Abdulrahman Wahid yang lokasinya berada di komplek makam Keluarga kyai Haji Hasyim As’ary yang letaknya di dalam pondok pesantern Tebu ireng.

tidak ada yang istimewa dari makam ini, hanya nisan yang di sekelilingnya di beri pembatas paving block yang di tata sedemikian rupa sehingga tanah di dalamnya tidak tercecer kemana mana, serta se ikat kembang sedap malam di sisi nisan sebagai pengharum di kala para peziarah datang dan berdoa disamping makam.

pagi itu masih sangat gelap sebelum subuh rombongan sudah sampai di pondok pesantren, namun sayang kami tidak bisa masuk karena ada aturan tertulis yang harus di taati oleh semua peziarah yaitu, makam tutup pada jam 03.00-07.00 dan 16.00-20.00 wib; di mungkinkan aturan ini di buat agar proses belajar mengajar di pndok tidak terganngu oleh banyaknya peziarah yang datang setiap harinya.

memang banyak yang kecewa, sehingga merekapun melanjutkan perjalanan sebelum sempat ziarah kemakam gusdur. ya, menunggu dari subuh sampai dengan jam 07.00 pagi bukanlah waktu yang sedikit karena mungkin masih banyak tempat lain yang belum di datangi.

setelah sholat subuh dan beristirahat di sebuah rumah tidak jauh ari pondok pesantren, (disini banyak rumah yang dsewakan untuk sekedar istirahat solat dan mandi pagi dengan biaya, mandi Rp. 3000,- dan kencing Rp. 1000,-) saya mencoba berjalan berkeliling di sekitaran kompleks ponpes, sembari menunggu pintu gerbang di buka tentunya. ada suasaa berbeda yang saya rasakan di sana, suasana yang tenang dan tentram. meskipun berada di pinggir jalan raya.

masyarakat yang masih mau menyapa dengan senyuman dan guyub masih bisa saya lihat, dan yang pasti masyarakat disini tidak mau mencoba mengambil untung sesaat dengan memberikan harga tinggi bagi para peziarah. sungguh hal yang langka di temukan jika kita berwisata ditempat tempat wisata komersial lain.

pagi yang berbeda kurasa.

salam

26/09/2012

2 pemikiran pada “MENIKMATI PAGI DI TEBU IRENG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s