SALATIGA dirimu dimana??

Pembangunan jalur tol Semarang Solo sedang berjalan, dan sesi I yang menghubungkan Semarang-Ungaran pun sudah selesai dan sudah di operasikan, sedang kan sesi ungaran bawen pun sudah mulai dikerjakan dan di perkirakan akan selesai pertengahan tahun depan.

Jalan tol memang seharusnya ada dan berfungsi sebagai jalur utama distribusi ekonomi jalur yang di lewatinya, tetapi jalan tol juga menjadi bagian dari matinya ekonomi suatu daerah jika pemerintahnya tidak tanggap dengan perkembangan jaman

Salatiga contohnya, rencananya jalur exit tol akan berada di sektaran daerah tingkir, padahal daerah itu jauh dari pusat kota, dan bisa saja membuat orang akan malas mampir ke kota tengah kota karena untuk masuk ke tol lagi harus sampai ke bawen dan pada jam, hari dan bulan tertentu jalan itu di prediksikan akan mengalami kemacetan.

Imbas dari sepinya mobil luar kota yang masuk ke dalam kota akan membuat banyak dari pengusaha pengusaha mikro yang kelimpungan karena kehilangan pelanggan. penjual ronde misalnya, mereka akan klabakan kalo dagangan mereka tidak laku akibat banyaknya mobil luar kota yang memilih tidak keluar dari tol dan langsug menuju ke semarang atau solo.

Itu hanya contoh kecil imbas dari pembangunan tol yang tidak berpihak kepada ekonomi mikro, dan saya yakin efeknya akan terus menjalar ke bagian lain dari perekonomian kota salatiga.

oleh karena itu pemerintah kota sudah selaknya berfikir untuk dapat menarik minat wisatawan untuk sekedar singgah kekota salatiga dan perkonomian salatiga bisa tetap berjalan dan bahkan berkembang.

pembangunan obyek obyek wisata baru di salatiga menjadi penting guna menopang perekonomian, tengok lah malang dengan kota batunya. mereka ngerti bagai mana mencetak uang dari wisatawan sehingga mereka juga dengan enteng nya membuat wahana wahana wisata baru selain yang sudah ada sejak dahulu. BNS, Jatim park 1 dan 2 adalah bukti malang mampu mengembangkan wisata nya guna memperkaya daerah dan mengembangkan ekonomi mikro.

Salatiga???

sampai saat ini belum ada langkah kongkrit yang di lakukan oleh pemerintah kota, guna mengantisipasi apabila jalan tol itu benar benar sudah melewati kota ini, semoga pemerintah kota bisa dan mau untuk berfikir guna perkembangan salatiga kedepan, jangan sampai salatiga menjadi kota mati nantinya.

karena salatiga sama seperti malang, sama seperti solo dan jogja, tinggal kita mau apa tidak untuk membenahinya

salam

22/05/12

Satu pemikiran pada “SALATIGA dirimu dimana??

  1. Sangat setuju dengan isi artikel ini, saya sebagai warga Salatiga jg merasakan dan berpikir hal yang sama dengan penulis blog ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s