ITU TANGGUNG JAWAB KITA BUKAN KAMU BUKAN AKU

Kecelakaan lalulintas bukanlah hal yang aneh di saat ini, hampir setiap hari selalu ada saja kecelakaan yang terjadi. Mungkin karena jumlah kendaraan sudah mulai menuju ke angka yang fantastis sedangkan akses jalan tidak pernah bertambah, atau mungkin juga kesadaran pengguna jalan yang sekarang ini kurang dalam bertoleransi dengan pengguna jalan yang lain. Yap “menange dewe” (gakmau kalah –red) menjadi tradisi yang belum hilang di lingkungan masyarakat kita saat ini, seakan jalan itu milik pribadi.

Banyak kejadian kecelakaan yang akhirnya menyengsarakan orang lain baik itu secara moral maupun material. Bukan hanya kendaraan kendaraan kecil saja namun juga kendaraan sejenis truck tronton ataupun bus besar, sering terjadi kecelakaan di jalan raya.

Salah satunya adalah cerita di bawah ini, mungkin bukan hal yang besar karena tidak  ada korban jiwa dalam hal ini namun secara moral dan material dia dirugikan.

kejadian yang menimpa tetangga saya ini, sampai akhirnya beliau harus rela untuk tidak bekerja lagi di sebuah perusahaan bus dikarenakan kecelakaan yang menimpanya 2 tahun lalu.

Hal pertama yang saya tanyakan disaat itu adalah “kok bisa?”

“ya bisa toh kan kan aku kaget,tiba tiba ada yang nylonong gitu, orang menyebrang jalan  tidak di tempatnya.”

“Yang di tabrak apa?”

“ndak tau sih awalnya nabrak apa wong tiba tiba bus oleng kekanan dan langsung bruakkkk!!! Ternyata body kanan bus terkena truk yang sedang melaju”

“Penyebabnya?”

“Ya itu menghindari pejalan kaki yang nyebrang seenaknya gitu, padahal udah ada jembatan lho tapi ntah kenapa juga masih aja nekat nyebrang di bawah, mungkin memang lagi apes kali ya saya”

“Lalu?”

“untungnya tidak terjadi apa apa sama semua penumpang saya mas, semua selamat, tapi ya itu body bus saya pada penyok penyok semua, dan sampai  di garasi kena damprat sama yang punya dan akhirnya sayapun di berhentikan menjadi sopir disana”

“waktu Kejadianya?”

“Malam hari”

Sepenggal kisah diatas merupakan ironi yang tak bisa kita lepaskan dari kehidupan sehari hari, dan bahkan orang yang menyebrang jalan sembarangan pun bisa menyebabkan suatu kecelakan terjadi.

Keselamatan dijalan bukan lah tanggung jawab dari sebagian orang ataupun institusi tertentu, namun merupakan kewajiban setiap pengguna jalan untuk dapat menjaga keselamatan dirinya dan orang lain sesama pengguna jalan, sehingga masing masing dari kita wajib untuk menaati peraturan lalu lintas yang sudah berlaku, seperti mengidupkan lampu utama pada siang hari bagi para pengguna motor, namun juga bukan lalu pengendara mobil/ kendaraan besar berlaku ugal ugalan dan seenaknya di jalanan, khususnya bagi kendaraan umum yang senaknya berhenti di sembarang tempat dan kadang mengagetkan pengendara lain yang berada persis di belakangnya.

Mari kita sadar berlalulintas dengan tidak melanggar aturan lalu lintas.

Salam

3 pemikiran pada “ITU TANGGUNG JAWAB KITA BUKAN KAMU BUKAN AKU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s