KEMAREN DI SEBERANG PULAU

Kemaren sempat selama liburan idul fitri bukanya kumpul sama keluarga tapi malah lari dari hruk pikuk lebaran di Salatiga dan terdampar di pulau yang di pimpin pak made mangku pastika
yap, bali! seminggu terdampar di bali membuat hati semakin cinta saja dengan negara ini, eksotisme bali mampu menghipnotis diri untuk betah berlama lama tinggal disana.

Berawal dari niatan pengen jalan jalan ke bali dan karena nasib yang sedang beruntung karena ada teman yang mengajak kesana maka saya pun akhirnya nekat untuk beragkat ke pulau dewata itu, setelah berjuang dengan kemacetan yang tak mengasyikan selama berpuluh puluh jam, saya pun untuk yang pertama kalinya bisa menaiki kapal penyebrangan yang menghubungkan plabuhan ketapang di banyuwangi dan gilimanuk di pulau seribu pura itu.

takjub. itulah saya disaat pertama kali mengijakan kaki di pulau ini, takjub dengan melihat budaya yang masih kental dalam pola hidup masyarakat di pulau bali.

Adanya pura pura kecil sebagai tempat beribadah di depan rumah di setiap bangunan yang ada di bali menandakan masyarakat bali masih menjunjung tinggi adat istiadat leluhur

Seperti yang dapat dilihat dari masyarakat yang berada di kawasan metropolitan seperti Denpasar tetap mampu menjaga nilai nilai luhur tradisi peninggalan leluhur dan berusaha untuk tetap menjaganya, walaupun mereka berada dalam pusaran arus urbanisasi, dan globalisasi pariwisata yang begitu hebat.

Sebagai contoh yang terlihat mereka tetap melaksanakan aktifitas peribadatannya di tengah keriuhan turis turis asing maupun lokal yang ramai berlalu lalang, dan mereka seperti tidak terganggu dengan aktifitas tersebut, prinsip warga bali yang tetap memegang teguh warisan leluhur inilah yang membuat takjub di benak saya.

(bersambung)

2 pemikiran pada “KEMAREN DI SEBERANG PULAU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s